Pemulihan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Dalam Masa Kenormalan Baru

Pemulihan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Dalam Masa Kenormalan Baru

Pada dasarnya Klinik hukumonline.com tidak menyediakan informasi yang bersifat rahasia dan hubungan klien – penasihat hukum tidak terjadi. Untuk suatu nasihat hukum yang dapat diterapkan pada kasus yang Anda hadapi, Anda dapat menghubungi seorang penasihat hukum yang kompeten. Pekerja/buruh yang tidak masuk kerja karena sakit COVID-19 dan dibuktikan dengan keterangan dokter, upahnya dibayarkan sesuai peraturan perundang-undangan. “Banyak yang terkena PHK, ekonomi sangat terpukul. Turis domestik baru akan stabil di 2022 tapi kita harus perhatikan peluang mereka berlibur lebih lama, lebih berkualitas dan haus akan pengalaman baru,” ungkap David melalui keterangan tertulis, Rabu, 6 Mei 2020. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio pun meyakini apabila destinasi kita bersih, rapi dan teratur, pasti jauh akan lebih menarik minat wisatawan.

Kebijakan pembatasan mobilitas dan kerumunan demi mengurangi penyebaran Covid-19 berdampak langsung pada sektor pariwisata. Sejak Covid-19 belum diumumkan sebagai pandemi global, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan untuk mengantisipasi kemungkinan Togel Online Terpercaya penyebaran Covid-19 di Indonesia. Pariwisata aman dikenalkan dengan penerbitan dan penerapan protokol kesehatan di objek wisata. Amerika Serikat memberlakukan larangan masuk dan melakukan perjalanan selama 30 hari hanya untuk orang-orang yang berasal dari Eropa.

Oleh karena itu, maskapai penerbangan menghentikan sementara operasional untuk rute internasional dan domestik, kecuali untuk angkutan logistik. Praktisi Kesehatan Ratih C Sari mengatakan, pelaksanaan protokol kesehatan ketat di berbagai fasilitas umum seperti bandara, stasiun kereta, penginapan, pusat perbelanjaan, hingga pusat wisata, merupakan upaya gotong royong yang dapat membantu pemulihan perkenomian nasional. Pada kondisi saat ini, jelasnya, saling menjaga dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, merupakan nilai dasar yang harus diterapkan dalam upaya menghadapi tantangan krisis ekonomi dan kesehatan akibat pandemi Covid-19. Menurunnya kedatangan wisatawan mancanegara, menurut Rerie, bisa diharapkan terganti lewat peningkatan jumlah wisatawan domestik.

Sehingga satu minggu ke depan, Pemprov Bali beserta seluruh stakeholder terkait akan melakukan diskusi dengan pemerintah pusat mengenai kepastian pembukaan pariwisata. Demi menjaga eksistensi sektor pariwisata, berbagai regulasi dan kebijakan pun mulai diterapkan. Guntur Subagja mengatakan, ada harapan baru kebangkitan pariwisata pasca reshufle kabinet dengan dipilihnya Sandiaga Uno sebagai Menparekraf. “Kami mengapresiasi pak Menteri Sandiaga Uno yang bergerak cepat untuk memetakan permasalahan dan berupaya mencari solusinya agar industri pariwisata kembali hidup dan menjadi lokomotif perekonomian nasional,” tutur Guntur.

Pariwisata saat ini

Selain memberikan insentif berupa potongan harga 50 persen untuk tiket pesawat, pemerintah juga menurunkan pajak hotel dan restoran di 10 destinasi wisata tersebut sehingga tarifnya dinolkan. Untuk itu, pemerintah akan mensubsidi atau memberikan hibah kepada pemerintah daerah yang terdampak akibat penurunan tarif pajak hotel dan restoran di daerah sebesar Rp three,3 triliun. Pemerintah berharap dengan adanya program insentif tersebut bisa efektif untuk meningkatkan wisatawan mancanegara dan menambah wisatawan domestik. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah Bali untuk memulihkan pariwisata bali.

Salah satu contohnya adalah program Jendela Nusantara yang pernah diadakan tahun lalu oleh Kementerian Pariwisata. Lebih lanjut Pitres mencontohkan Pantai Pall di Desa Marinsow, Minahasa Utara. Pantai memesona ini selalu dipadati oleh ribuan pengunjung dari berbagai daerah. Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk berjualan barang dan jasa. “Mereka berjualan makanan dan minuman, menyewakan gasebo, dan berjualan cinderamata. Dulunya mereka hanya menggantungkan pendapatan sebagai nelayan,” ungkap Pitres.

“Vaksinasi massal jika berhasil saya yakin pandemi berakhir dan pariwisata akan meledak lagi. Karena di sini saya prediksikan jika sudah berakhir masyarakat sudah lelah menunggu dan sudah menahan diri untuk tidak touring. Sektor pariwisata punya potensi besar untuk menangkap peluang tersebut,” lanjutnya. Pakar pariwisata Universitas Sebelas Maret Surakarta, Dr. Deria Adi Wijaya, menjawab keraguan ini dengan memproyeksikan pariwisata Indonesia di tahun 2021 akan bangkit. Dilansir dari tirto.id, Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia , Hariyadi Sukamdani mengklaim, kerugian yang hanya diakibatkan oleh pembatasan sosial berskala besar selama pandemi Covid-19 sebesar Rp. Hari menerangkan, di masa adaptasi kebiasaan baru ini juga perlu dikembangkan paket-paket wisata lokal untuk para keluarga.

Sebelum kembali mempromosikan daerah Bali sebagai destinasi wisata dunia pemerintah harus memastikan kesiapkan daerah Bali pasca pandemi corona agar tidak terjadi kesalahan yang akan merusak pandangan wisatawan terhadap daerah Bali. Diperkirakan bahwa hampir 9% dari total angkatan kerja nasional dipekerjakan di sektor pariwisata. Program bantuan sosial ini merupakan salah satu program Kemenparekraf dalam upaya mitigasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada masa tanggap darurat Covid-19 kepada pelaku wisata dan ekonomi kreatif di seluruh Indonesia. Penerima bantuan sosial balasa ini adalah para pekerja industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang terkena PHK maupun yang dirumahkan atau unpaid leave. Kemenparekraf bekerja sama dengan Dinas Pariwisata daerah mendata para pekerja penerima bantuan.

Leave a Reply