Rencana Bisnis Sederhana Bagi Pemula Yang Ingin Buka Bisnis Di Tahun 2020

Rencana Bisnis Sederhana Bagi Pemula Yang Ingin Buka Bisnis Di Tahun 2020

Misalnya mengenai berapa biaya membeli barang, bahan, maupun menyewa tempat usaha bila diperlukan. Untuk mendapatkan modal tersebut, Anda dapat meminjamnya di bank atau bisa juga dengan cara patungan bersama teman dekat atau anggota keluarga yang lain. Sudah menjadi rahasia umum dalam berbisnis itu memiliki dua kemungkinan, yakni kemungkinan sukses atau justru gagal. Apabila Anda seorang pengusaha yang sejati, tentu tak akan takut untuk memulai hal baru dan takut gagal.

Langkah awal untuk memulai bisnis

Membuka usaha sendiri memang terkadang menggiurkan, karena bisa menjadi bos di tempat atau lahan usaha. Selain itu waktunya yang fleksibel juga menjadi alasan berwirausaha. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana dan apa saja langkah penting yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha. “Media sosial merupakan cara terbaik untuk mempromosikan bisnis kamu pada orang awam,” ujar Lucy Wallace Eustice, cofounder dari label aksesoris MZ Wallace.

Pastikan halaman produk dibuat semenarik mungkin agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk Anda. Sukses menjadi seorang entrepreneur tidak selamanya berbicara soal uang. Sukses juga dapat dicapai dengan kepuasan batin pribadi, misalnya dengan Kong4D berhasil memberi manfaat bagi orang lain. Bisa karyawan atau pemilik toko yang menjual bahan baku usaha Anda. Dengan terus mengambil bahan baku dan memperlakukan karyawan dengan baik, hal ini pastinya akan menambah kesuksesan tersendiri bagi usaha.

Sebelum menjual sebuah produk secara profesional, tentu saja Sedulur harus menjadi konsumen terlebih dahulu. Dengan menjadi pemakai produk yang Sedulur jual, maka Sedulur dapat mengetahui siapa goal pasar dan apa yang mereka inginkan dari produk yang kita jual tersebut. Promosi dan diskon juga bisa dilakukan sebagai bagian dari pengenalan model online shop yang dijalani. Karena setiap bisnis yang sukses merupakan bisnis yang memiliki branding yang kuat.

Apabila anda sudah memiliki nama dan emblem usaha, maka segeralah daftarkan pada Hak Kekayaan Intelektual. Apabila kita mendaftarkan nama dan logo usaha, maka anda tidak memiliki kekuatan hukum atas nama bisnis tersebut. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk meraihnya adalah dengan memulai bisnis. Pemikiran untuk menjadi pengusaha sudah menjadi tren di semua kalangan masyarakat, terutama kalangan muda. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang sudah sukses menjadi pengusaha di usia muda. Hal ini memang tidak mengherankan, karena banyak orang yang mulai merasa lelah dan terbatas dengan hanya menjadi karyawan, sehingga pemikiran untuk membuat bisnis menjadi pilihannya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membangun sebuah pondasi bisnis dengan produk yang berkualitas. Selain itu, bisa juga menciptakan produk-produk unik, yang tentunya tak dimiliki oleh pesaing. Hal ini dapat dilakukan jika terus melakukan riset pasar untuk melihat produk yang sedang tren atau yang tengah digandrungi oleh konsumen. “Di period digital ini, platform on-line banyak dimanfaatkan untuk menjadi sumber penghasilan bagi sebagian besar orang. Hanya butuh tindakan kecil untuk memulainya, namun usaha bisa berhasil luar biasa jika Anda mau menekuninya. Terinspirasi dari seorang pengusaha sukses yang telah berhasil menjadi milyarder karena usahanya di bidang on-line, yaitu Pat Flynn.

Hal ini dilakukan agar kita dapat membuka usaha dengan sistematis dan meminimalisir kesalahan ataupun kerugian akibat kesalahan perencanaan. Namun sebelum melakukan produksi, ia melakukan riset advertising dengan segmentasi pasar adalah anak muda dan golongan menengah. Produk keripik pisang dikemas berbeda dengan segmentasi yang berbeda pula dari produk yang sudah ada sebelumnya. “Dan ternyata dari hasil riset marketing tersebut hasilnya sangat memuaskan, melebihi ekspektasi saya. Riset tersebut meliputi uji organoleptik , uji kemasan yang cocok dan simulasi kecepatan penjualan,” imbuhnya. Jangan merasa takut untuk bersaing dengan mereka yang telah lebih dahulu terjun di bisnis ini.

Leave a Reply