Pemerintah Provinsi Papua

Pemerintah Provinsi Papua

Sama seperti yang terjadi di seluruh dunia, Indonesia menanggung imbas dari merosotnya industri pariwisata akibat pandemi virus corona. Jumlah ini terus mengalami kenaikan dari hari ke hari dibuktikan dengan bentuk kurva yang cenderung masih menanjak. Adanya pandemi ini menyebabkan penurunan yang signifikan terkait jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal ini tentunya menyebabkan industri pariwisata mengalami kerugian yang cukup besar dikarenakan adanya penutupan akses bagi turis-turis mancanegara dan diberlakukannya kebijakan penutupan objek wisata itu sendiri. Kebijakan penutupan objek wisata dilakukan guna meminimalisir adanya klaster baru penyebaran COVID-19. Penerapan kebijakan sertifikasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan di setiap kawasan wisata dan industri pendukungnya, menurut Legislator Partai NasDem itu, merupakan langkah yang tepat untuk memulai kebangkitan sektor pariwisata di masa pandemi.

Lebih lanjut ia mengatakan penerapan kebijakan sertifikasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan di kawasan wisata dan industri juga menjadi salah satu pendukung. Menurutnya, ini merupakan langkah yang tepat untuk memulai kebangkitan sektor pariwisata di masa pandemi. Tujuan utama pengembangan KEK adalah untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, dan peningkatan daya saing bangsa. KEK dikembangkan melalui penyiapan kawasan yang memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategi serta berfungsi untuk menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan daya saing internasional. Di period digital, masyarakat cenderung bergantung dengan Internet untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini bisa menjadi potensi besar bagi pemerintah daerah dan pengelola tempat wisata untuk mengoptimalkan wisata sejarah.

Apakah industri pariwisata berpotensi

Ekonom Narasi Institute Achmad Nur Hidayat mempertanyakan aspek keadilan ekonomi rencana pajaki sembako, pendidikan, dan kesehatan. Rencana pemberlakuan pajak pertambahan nilai untuk bahan pokok, termasuk beras dan sembako mengundang reaksi politikus PKS Mardani Ali Sera. Pemerintah Indonesia mulai mengutip pajak jasa pendidikan, jasa medis, dan bahan pangan yang dikenai pajak pertambahan nilai atau PPN. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jumlah kasus virus corona di Pulau Jawa melonjak dalam 10 hari terakhir.

Dalam skala nasional, UKM memang memiliki peran penting dalam keberlangsungan perekonomian Indonesia. Untuk tahun 2017 saja, Kementerian Koperasi dan UKM mencatat UKM mampu berkontribusi 60,34% bagi produk domestik bruto Indonesia. Ia mengaku akibat wabah virus corona, Festival Kintamani yang sudah dijadwalkan, harus ditunda pelaksanaannya. Potensi wisata di Jawa Timur sangat melimpah, tetapi masih belum mendapatkan perhatian serius. Karena itu, saat ini Pemerintah Provinsi Jatim telah fokus dalam menggarap tiga bidang industri wisata, yaitu pemasaran wisata , peningkatan wisatawan dan investasi lokasi wisata .

Senelum Kemenparekraf, diberitakan Visit Wonderful Indonesia atau Viwi yang menghimpunan 18 asosiasi industri pariwisata nasional meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencabut status PSBB di ibu kota Jakarta. Selain itu, Viwi juga meminta pemerintah untuk tidak memberlakukan pembatasan pengunjung dan jam operasional tempat usaha. Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia , memprediksi potensi kerugian industri pariwisata Indonesia akibat wabah virus corona COVID-19 mencapai 1,5 milliar dolar AS atau setara dengan Rp 21 triliun. Pemerintah telah menggunakan istilah Pembatasan Sosial Berskala Besar sejak 10 April 2020 untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di sejumlah wilayah Indonesia. Aturan mengenai PSBB tertuang di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 yaitu tentang PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang merujuk ke UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan .

Penerapan PSBB mengatur agar aktivitas sekolah, kerja, ibadah dilakukan di rumah, sedangkan tempat hiburan, wisata dan pusat perbelanjaan ditutup. Selain itu, hanya tempat usaha yang menyediakan kebutuhan pokok yang diperbolehkan buka dengan menerapkan protokol kesehatan. Selama penerapan PSBB, operasional moda transportasi dibatasi dan warga dilarang keluar dari wilayah PSBB. Apabila goal Pemerintah menyambut 20 juta turis asing pada 2020 tercapai maka ada kebutuhan besar untuk industri perhotelan negara ini.

Konten dalam Wisata Virtual ini pun sangat beragam, mulai dari panorama alam, museum, pentas dan pagelaran seni, budaya adat, hingga suasana kehidupan metropolitan di Indonesia yang tersedia dalam bentuk gambar dan video. Harapannya, keberadaan tur wisata digital dapat membuat calon wisatawan merasa seperti berada di destinasi dimana mereka inginkan. Hal ini sama saja dengan menawarkan pengalaman “coba sebelum membeli” yang dapat mendorong rasa ingin Bola Online bepergian. Kamar Dagang dan Industri Indonesia mengklaim bahwa sektor pariwisata mengalami kerugian hingga Rp10 triliun akibat pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Menurut dia, sebuah industri harus melakukan efisiensi penggunaan sumber daya dan mengadopsi teknologi inovasi yang ramah lingkungan. Industri pariwisata yang berkelanjutan akan mementingkan kelestarian alam karena dibutuhkan dalam pembangunan di masa yang akan datang.

Salah satu sektor yang paling besar terkena dampak dari penyebaran virus ini adalah pariwisata. Sejak China mengumumkan wabah Corona beberapa waktu lalu, negara-negara di dunia mengambil sikap untuk mengisolasi seluruh penerbangan dari dan ke China, termasuk Indonesia. merupakan nilai dasar yang harus diterapkan dalam upaya menghadapi tantangan krisis ekonomi dan kesehatan akibat pandemi Covid-19.

Ya, untuk usaha percetakan Anda mungkin akan bekerja sama dengan para fotografer keliling yang ada di tempat wisata. Berbicara bisnis penginapan, bukan berarti Anda harus membuka resort mewah dan berkelas. Untuk itulah penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas sederhana justru lebih banyak diminati. Menurut Cok Ace, pengusaha sektor pariwisata kemungkinan akan mengalami peningkatan biaya operasional hingga 20 persen demi beradaptasi dengan aturan baru selama kenormalan baru.

Leave a Reply