Membuat pupuk organik sendiri dirumah.

Membuat pupuk organik sendiri dirumah.

Jika kita sudah memulai untuk melakukan hobi kita yaitu, menanam sayuran atau tumbuhan sendiri di rumah, pasti kita juga membutuhkan pupuk yang mempunyai peranan penting dalam bidang tanam-menanam. 

Harga pupuk pada dasarnya memang tidak begitu mahal, tapi apabila kita bisa membuat pupuk sendiri dirumah pasti akan berdampak baik terhadap tanaman atau sayuran kita sendiri, ibaratnya adalah kita memberikan vitamin atau asupan PRAGMATIC PLAY yang kita paham betul komponen apa saja yang ada di dalam pupuk tersebut. Untuk membuat sebuah pupuk, tidak membutuhkan alat yang sulit ditemukan. Beberapa hal yang dibutuhkan dan proses pembuatan pupuk organik sebagai berikut : 

  1. 5 Liter urine hewani , bisa berasal dari urine kelinci, sapi atau juga kambing.
  2. 2 buah air dari kelapa.
  3. Akar bambu beserta tanah nya 200gr
  4. 500ml tetes bambu
  5. 500ml bakteri yang sudah di fermentasi
  6. 400ml air
  7. 50ml air kedelai
  8. 1 batang rebung
  9. 2 ekor ikan kecil

Untuk alat-alat yang diperlukan : 

      1. Wadah

      2.  Sarung Tangan

      3.  Sekop

Langkah pembuatan pupuk :

  1. Masukan semua bahan kering kedalam wadah yang besar, lalu aduk dan pastikan tidak menggumpal. Setelah di aduk tutup wadah di tempat yang aman. Setelah di diamkan selama 2 jam aduk kembali, ikuti hal yang sama setiap hari.
  2. Setelah 2 minggu dan dipastikan bahwa tidak berbau  lagi, campurkan kedalam bahan yang basah, dan diamnkan selama 4 minggu.
  3. Setelah 4 minggu biasanya adonan pupuk tidak berbau, jika masih berbau tetap di tutup dan di cek kembali per minggu, setelah tidak berbau pupuk sudah siap di gunakan.
  4. Untuk penggunaan, ambil pupuk sebanyak 100ml dan campur kedalam air 10liter, lalu campurkan ke tanaman. 

Setelah kita bahas untuk pembuatan dan bahan yang digunakan untuk pupuk, maka cukup mudah bukan? Dengan begitu kalian dirumah sudah dapat membuat makanan untuk tanaman anda sendiri. Selamat Mencoba!

Leave a Reply