Hukum Syari Bisnis Multi Level Marketing

Hukum Syari Bisnis Multi Level Marketing

MLM yang menyamar dalam bentuk MLM resmi biasanya menjual produk mahal tetapi tidak fokus dalam penjualan produk. Mereka menawarkan produk, tetapi sebenarnya mereka mengincar uang calon member dengan menawarkan produk sampah yang mahal tersebut. Akan tetapi dengan harga yang sangat mahal sementara produknya biasa saja, perusahaan MLM jenis ini pada dasarnya menjalankan tipuan piramid. Tidak hanya produk beragam yang perlu Anda perhatikan, komponen harga juga harus Anda cermati. Karena harga produk yang dijual oleh perusahaan MLM bisa Anda jadikan salah satu indikasi bahwa bisnis tersebut sehat atau tidak. Cermati apakah produk yang dijual memiliki harga yang wajar dengan kualitas produknya.

Persentase ini terus meningkat setiap tahun , seiring dengan bertambahnya struktur penduduk usia produktif dan probabilitas fenomena PHK yang memaksa para pekerja formal berpindah ke sektor casual. Lalu, jika dihubungkan dengan kondisi perekonomian, MLM memang menyasar negara berkembang, dan negara yang sedang dalam kondisi resesi ekonomi. Masyarakat Indonesia pada dasarnya adalah bangsa yang menganggap penting hubungan sosial baik itu dalam keluarga, lingkungan bertetangga, hingga tempat bekerja.

Persoalan tersebut dibahas dalam Komisi Bahtusl Masail Diniyah Waqi’iyah yang fokus pada kasus-kasus aktual di masyarakat. Pemimpin sidang komisi ini, Ustadz Asnawi Ridwan mengatakan, hukum bisnis money game model MLM, baik menggunakan skema piramida atau matahari, dan ponzi adalah haram. Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia dibentuk 19 Maret 2014.

Sekarang ini sangat banyak mannequin usaha yang dijalankan oleh masyarakat pada umumnya atau entrepreneur pebisnis pada khususnya. Mereka senantiasa mencari kiat dan strategi baru untuk memuluskan usahanya, anda pasti tidak asing lagi dengan Multi Level Marketing atau yang lebih dikenal dengan singkatan MLM. Model usaha MLM ini cukup menarik perhatian masyarakat, karena MLM juga terbukti mampu membantu meningkatkan perekonomian sebagian beberapa orang yang menekuninya.

Melalui blog ini kami ingin memberikan tips jitu untuk mengembangkan keuangan pribadi dan bisnismu. Bagi mereka yang tertarik dengan dunia MLM, maka ini bisa dijadikan kesempatan untuk Bola Online berinvestasi. Mereka beranggapan bahwa selama mereka bisa merekrut anggota baru, maka mereka akan selalu mendapatkan keuntungan. Tentu biayanya akan sangat mahal bahkan lebih mahal dari produk itu sendiri.

Apa itu bisnis MLM

Namun kelemahannya adalah seorang agen harus mengurus semuanya sendiri. Sistem ini juga memungkinkan downline untuk melebihi upline-nya. Bonus yang didapat mitranya biasanya kecil di awal, namun besar di peringkat atas. Dikarenakan bonus member di awal karirnya kecil, maka biasanya perusahaan seperti ini mengandalkan iming-iming bonus perekrutan.

Bagi perusahaan bisnis ini juga sangat menguntungkan karena selain produknya laku di pasaran, orang-orang juga berlomba lomba menjual produk kepada tiap orang. Mereka tidak harus membayar gaji bulanan, tunjangan kesehatan, jaminan hari tua, dan lainnya. Mereka hanya akan membayar pekerjaan yang sudah menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Jika kamu ingin menjalankan bisnis multi stage advertising, kamu harus mencari tahu dan membaca segala informasi tentang bisnis MLM dan perusahaannya. Ketika akan meluncurkan sebuah produk, tentunya harus melakukan riset pasar dulu, bagaimana peminatnya, bagaimana kondisi pasar, dan lain-lain.

Leave a Reply