Apakah Industri Pariwisata Berpotensi

Apakah Industri Pariwisata Berpotensi

Pada sentra kerajinan wisatawan tidak hanya sekedar membeli memento, tetapi juga melihat proses pembuatannya dan bahkan ikut serta dalam proses pembuatan tersebut . BERITABUANA.CO, SEMARANG– Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mendorong industri pariwisata untuk kembali bangkit. Pasalnya, sambung dia, industri pariwisata ke depan sangat berpotensi menjadi tulang punggung negara dalam rangka mengatasi krisis ekonomi yang tengah melanda akibat pandemi Covid-19. “Oleh karena itu diharapkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif dapat mengoptimalkan kebijakan stimulus dan relaksasi yang diberikan sehingga keberlangsungan industri pariwisata dan ekonomi kreatif tetap laju di tengah pandemi,” kata dia. JAKARTA — Dengan penduduk mayoritas Islam, Indonesia berpotensi menjadi pusat industri wisata muslim terbesar di dunia. Selain itu, sebagai negara kepulauan, Nusantara sangat kaya dengan keindahan alam yang penuh dengan aneka flora dan fauna serta beragam budaya dan agama yang merupakan daya tarik utama bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Apakah industri pariwisata berpotensi

Menyebarkan kabar bahwa bepergian sudah aman dapat membantu industri pariwisata. Hal itu sejalan dengan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mencatat sejak minggu kedua April sebanyak a hundred and eighty destinasi dan 232 desa wisata ditutup. Kebangkitan industri pariwisata berpotensi meningkatkan harapan dan semangat dalam menghadapi tantangan bangsa.

Pada hakikatnya, hampir sebagian besar kota/kabupaten di Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi kreatif sebagai penggerak sektor wisata. Kota/kabupaten di Indonesia memiliki daya tarik wisata yang berbeda untuk dapat diolah menjadi ekonomi kreatif. Purworejo, sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan ekonomi kreatif. Alun-alun Purworejo dengan sentra kuliner dan bedug sebagai atraksi wisata membutuhkan sentuhan kreatifitas, di antaranya dengan menciptakan memento Bandar Slot Online khas Purworejo. Model pengembangan ekonomi kreatif sebagai penggerak sektor wisata dapat diadaptasi dari model-model kota kreatif.

Ciri khas dan keunikan wisata yang berbeda-beda dapat memberikan pesona atau daya tarik. Pariwisatamenjadi senjata strategis pemerintah saat ini untuk meningkatkan cadangan devisa yang kian tergerus akibat mening­katnya impor kebutuhan masyarakat Indonesia. Sejak era pemerintahan Joko Widodo, pariwisata semakin pro­gresif dan berdampak luas ter­hadap aktivitas perekonomian. Sejak 2016 pemba­ngunan infra­struk­tur setiap daerah mulai diper­kuat sehingga aksesibilitas antar daerah pedesaan hingga perkotaan semakin efektif dan efe­sien. Ti­dak menutup kemungkinan kita menaruh harapan pada pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan di daerah terpencil maupun per­batasan. Tak hanya industri pariwisata, industri elektronik, farmasi dan tekstil juga turut terkena dampak atas wabah virus ini, khusus di Indonesia.

Dengan kata lain, pendekatan melalui media-media lain yang lebih konvensional tetap harus digunakan. Kebijakan bebas visa kunjungan dari negara-negara tersebut harus ditinjau kembali demi lebih berkualitasnya wisatawan mancanegara yang masuk berlibur ke Indonesia. Kebijakan PPKM bukan merupakan pelarangan kegiatan masyarakat dan bukan menghentikan seluruh kegiatan. Kegiatan-kegiatan sektor esensial di Pulau Jawa dan Bali seperti bahan pangan, energi, ICT, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri, pelayanan dasar, utilitas, obvitnas seluruhnya masih bisa berjalan. Kendati begitu, Bali dan Jakarta telah mendapatkan investasi yang besar di beberapa tahun terakhir yang menyebabkan suplai yang berlebihan.

Akan banyak orang yang membutuhkan akses kendaraan pribadi ketika mereka sedang tidak membawa dari rumah karena terlalu jauh. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengungkap rencana untuk membuka kembali seluruh kegiatan pariwisata di Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Riau per Oktober. Dalam rencananya, pariwisata di ketiga daerah ini akan dibuka kembali dengan menjunjung penerapan konsep Cleanliness, Health, Safety .

Selain itu, masyarakat juga perlu saling menjaga dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan. “Fintech sangat berpotensi untuk mendorong pertumbuhan sektor wisata dengan memberi kemudahan bertransaksi. Dengan fintech dapat dilakukan berbagai inovasi dalam metode pembayaran untuk segala urusan perjalanan pariwisata, sehingga turis makin mudah dan nyaman dalam melakukan wisata. Hal inilah yang dapat meningkatkan daya tarik pariwisata di Indonesia,” ujar Direktur Pengembangan Bisnis dan TI Bank Bukopin Adhi Brahmantya. Keaslian ; Pola perjalanan wisata alternatif membawa wisatawan mencari pengalaman yang terkait dengan “Authenticity expereince” atau pengalaman yang asli atau otentik. Pengalaman yang otentik ini didapatkan dari warisan budaya yang dijaga dan dilestarikan secara turun menurun oleh suatu masyarakat di suatu destinasi.

Leave a Reply